Jurnal pengetahuan pasien dm terhadap diet

Jakarta Phitri, H. Untuk mengetahui kategori dari tingkat pengetahuan pasien diabetes mellitus tentang pengobatannya, dilakukan penjumlahan pada kuisioner setelah kuisioner diisi oleh masing — masing responden. Daftar Pustaka 1. Semakin banyak pengalaman seseorang, maka semakin tinggi juga pengetahuannya8,9.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Dimana pada penelitian ini terdapat 12 pertanyaan sehingga skor idealnya sebesar UI Press. CV Alfabeta. Notoatmojo S. Jenis kelamin laki — laki dan perempuan jelas sangat berbeda, tidak hanya dari segi fisik namun dari cara berpikir dan bertindak serta bagaimana menyikapi suatu masalah.

Moodley LM, Rambiritch V. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di RSUD dr. Diabetes self-care knowledge among outpatients at a veterans affairs medical center.

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIET DIABETES MELLITUS DENGAN

Sodik dan Arrohman Nur Hasil penelitian ini tidak sesuai dengan teori Notoatmodjo bahwa suatu penyakit dapat dicegah dengan perilaku kesehatan yang didukung dengan pengetahuan dan sikap yang baik terhadap penyakit tersebut.

Azwar, S.

TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELLITUS TENTANG

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Untuk menentukan besar sampel, peneliti melakukan studi pendahuluan pada 3 puskesmas tempat dilakukan penelitian.

Perawat sebagai pendidik: Coppell, K. H Moh Anwar Sumenep sebanyak 69 pasien, selama tahun terdapat 86 pasien dan selama bulan Januari — Nopembertercatat sebanyak 51 pasien diabetes mellitus yang berada diruang interna RSUD dr.

Sehingga seorang penderita Diabetes Mellitus yang parah tidak dapat hidup dan bekerja sebagai mana mestinya Tjokroprawiro, Untuk menurunkan jumlah penderita Diabetes Mellitus tersebut salah satu faktor yang berperan adalah cara yang benar dalam diet Diabetes Mellitus maka sangat dibutuhkan tingkat kepedulian atau pengetahuan klien tentang kondisi yang ada pada dirinya, kebiasaan hidup yang tidak sehat, kurang faham tentang penyakit diabetes mellitus itu sendiri adalah faktor yang juga menentukan tingkat kesembuhan penderita.

Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional prospektif dengan analisis deskriptif pada seluruh pasien diabetes mellitus yang datang ke Puskesmas Kota Malang untuk menebus resep atau salinan resep selama periode Maret sampai dengan April Besar Sample dalam Penelitian Kesehatan. Medical guidelines for clinical practice for the management of diabetes mellitus.

Setelah itu dibandingkan dengan skor ideal dan ubah menjadi presentase. Untuk analisa data digunakan uji korelasi rank spearman dengan tingkat kemaknaan 0, Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang diet diabetes mellitus dengan kepatuhan pelaksanaan diet pada penderita diabetes mellitus Di RSUD dr.

Hal ini ditimbulkan oleh perubahan pola hidup diantaranya pola makan yang kurang baik dan kurang berolah raga. Sodik Menurut Yunir dalam Aru W dkk 15kepatuhan diet berfungsi mempertahankan berat badan normal, menurunkan tekanan darah, menurunkan glukosa darah, memperbaiki profil lipid, meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbaiki sistem koagulasi darah.Download Jurnal Farmasi Indonesia Vol.

6 No.1 Januari PENGETAHUAN PASIEN TENTANG DIABETES. DAN OBAT ANTIDIABETES ORAL. Yunita Nita HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG DIET DIABETES MELLITUS DENGAN. Download Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang diet diabetes mellitus dengan kepatuhan pelaksanaan diet.

KEPATUHAN PASIEN RAWAT INAP DIET DIABETES MELLITUS BERDASARKAN TEORI KEPATUHAN NIVEN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keyakinan, sikap, pemahaman terhadap instruksi, dukungan keluarga, dukungan petugas dan kualitas interkasi terhadap kepatuhan (ditunjukkan dengan pengukuran sisa makanan) pasien rawat inap diet Diabetes Mellitus Author: Ivan Salim.

Abstrak. The purpose of this study was to determine The Correlation level of knowledge about disease DM patient and diet with dietary adherence in DM kennelsalasana.com: Riza ' Triana, Darwin ' Karim, Jumaini.

Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Pada Pasien Diabetes Tipe II Di Puskesmas Sempaja, Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional untuk melihat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet diabetes pada pasien diabetes tipe II di Puskesmas Sempaja Samarinda.

Hasil uji statistik dengan menggunakan chi square Yates correction. Mekanisme solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan penyuluhan dengan pemberian materi tentang diet Diabetes Melitus yang benar, terutama mengenai perlunya diet secara ketat, latihan fisik, dan juga pengetahuan tentang komplikasi, pencegahan maupun.

hubungan pengetahuan, sikap, dan status ekonomi dengan perilaku diit pada pasien dm rawat jalan di rsi jeparaAuthor: Anny Rosiana Masithoh.

Jurnal pengetahuan pasien dm terhadap diet
Rated 4/5 based on 40 review